4 Tips untuk Menyiapkan Warisan Secara Tepat


Warisan adalah harta peninggalan yang akan diberikan orangtua kepada anak-anaknya maupun keluarga kerabat terdekat ketika sudah meninggal dunia. Harta peninggalan tersebut diharapkan bisa memberi manfaat untuk kelanjutan hidup generasi berikutnya, bahkan tidak jarang harta tersebut diwariskan lagi hingga turun temurun. Namun, perbincangan mengenai warisan termasuk asuransi jiwa untuk warisan masih dianggap tabu jika seseorang masih hidup, Sehingga banyak orang belum mempersiapkan warisan. Padahal aturan dan perhitungannya pun cukup rumit, apalagi jika dalam sebuah keluarga memiliki banyak anak. Maka dari itu, Warisan perlu dipersiapkan dari sekarang.

Untuk membantu Anda mempersiapkannya, Kiat-kiat menyiapkan warisan, inilah 5 tips untuk menyiapkan warisan secara tepat:

Menyiapkan dari sekarang. Mempersiapkan dana warisan harus dilakukan dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi jiwa. Dilansir dari CNBC Indonesia, Perencana Keuangan Eko Endarto menjelaskan bahwa orang tua bisa mengambil produk asuransi jiwa apabila ingin merencanakan warisan sehingga ketika orang tua meninggal, pewaris dapat uang pertanggungan untuk memiliki warisan. Nah, jika Anda ingin mewariskan harta dalam bentuk lain, emas atau properti juga bisa menjadi pilihan.

Mengkaji kebutuhan keuangan dan keluarga Anda. Salah satu kendala yang sering dihadapi saat menyusun rencana warisan adalah persetujuan surat warisan. Legalisasi warisan ternyata bisa menghabiskan biaya mahal dan memakan waktu lama, tetapi hal ini bisa dan cukup mudah untuk Anda atasi. Sekalipun nilai harta Anda tidak banyak, Anda tetap perlu melihat alasan keuangan lain mengapa Anda perlu membuat rencana waris. Dalam membuat rencana waris ini, Anda juga perlu melihat kondisi dan situasi dari keluarga Anda.

Alihkan kebutuhan dana besar. Jika Anda tertarik dengan memiliki asuransi jiwa, Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan Anda membayar preminya. Idealnya, Anda dapat menggunakan 10% dari penghasilan Anda untuk membayar premi asuransi jiwa. Jika pendapatan meningkat di kemudian hari, pembayaran premi dapat disesuaikan kembali sesuai dengan kemampuan Anda.

Menemukan dan menggunakan jasa yang terpercaya. Jangan sepelekan poin ini. Seperti yang sudah diketahui bahwa membuat rencana waris memang tidak mudah dan cukup rumit. Maka dari itu, Anda perlu bantuan dari pihak yang memang sudah ahli dalam perencanaan waris (pengacara rencana waris) agar dapat membantu Anda dalam membuat pilihan dalam membuat rencana waris yang baik dan dapat benar-benar bermanfaat untuk Anda dan keluarga Anda saat diperlukan.

Perlu diingat bahwa dengan memiliki warisan, Anda dapat memastikan orang-orang yang Anda kasihi tetap memiliki kehidupan yang nyaman secara materi ketika Anda sudah tiada. Namun, untuk proses mewariskan harta, Anda memang tidak bisa mengaturnya sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya.

Post a Comment

0 Comments