4 Fakta Unik Tentang Makassar


Menjadi kota terbesar kelima di Indonesia, Makassar yang terkenal akan keindahan Pantai Losari-nya ini ternyata memiliki beberapa fakta unik yang mungkin saja belum kamu ketahui. Tak hanya satu, terdapat belasan fakta unik yang dimiliki oleh kota dengan sejuta pesonanya ini. Untuk itu, sebelum memutuskan liburan ke sana dan mem-booking hotel terbaik di Makassar, yuk, cari tahu terlebih dahulu apa saja fakta unik yang dimiliki kota satu ini.

1. Memiliki moto unik

Melansir dari Liputan6.com, Kota Makassar memiliki moto yang sangat unik, yaitu “Sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai”. Moto ini diambil dari kehidupan nelayan yang lebih memilih tenggelam di lautan daripada harus kembali ke pantai tanpa membawa hasil tangkapannya. Menurut penduduk lokal, arti dari moto ini adalah kepribadian yang pantang mundur dan menyerah. Maksudnya, dalam kehidupan sosial, ketika keputusan sudah diambil tidak ada lagi keraguan di dalamnya.

2. Memiliki masjid apung

Di Kota Makassar, terdapat masjid apung yang diberi nama Masjid Amirul Mukminin. Masjid ini terletak di kawasan Pantai Losari, Makassar. Masjid ini memiliki eksterior cukup unik, yang didominasi oleh warna abu-abu dan putih lengkap dengan kubah biru di bagian atasnya. Desainnya sendiri menyerupai rumah panggung tradisional khas masyarakat Makassar & Bugis. Dengan konsepnya yang unik, masjid ini bisa menampung sekitar 400-500 jamaah.

3. Memakai aksara tradisional

Masyarakat Makassar masih menggunakan aksara tradisional, Lontara, yang menjadi identitasnya. Lontara sendiri berasal dari kata lontar, salah satu tumbuhan asal Sulawesi Selatan. Aksara ini terdiri dari 19 huruf Lontara Makassar dan 23 huruf Lontara Bugis. Meski sama-sama aksara Lontara, namun keduanya memiliki perbedaan.

Perbedaannya terletak pada beberapa huruf yang digunakan seperti pada Lontara Bugis terdapat huruf nra’, nca’, mpa’, ngka’, tapi Lontara Makassar tidak memilikinya. Lontara Makassar sendiri menggunakan filosofi appa’ sulapa’ yang artinya empat sisi, simbol kepercayaan masyarakat Bugis-Makassar kuno terkait empat unsur kehidupan manusia, yaitu api, tanah, air, dan udara.

4. Memiliki destinasi sejarah yang sangat ikonik

Kota Makassar memiliki destinasi sejarah yang sangat ikonik dan sudah terkenal ke seluruh pelosok negeri, yakni Fort Rotterdam. Awal mula berdirinya, benteng ini dinamai dengan Benteng Jum Pandang, namun masyarakat Makassar menjulukinya sebagai Benteng Pannyua karena bentuknya yang menyerupai sebuah penyu jika dilihat dari udara.

Dulunya, benteng ini dijadikan lokasi penyelenggaraan Makassar International Writers Festival (MIWF) sebagai bentuk penggabungan antara budaya dan juga seni.

Selain fakta yang sudah dituliskan di atas, masih banyak fakta lainnya yang dimiliki kota Makassar, misalnya saja:
  • Memiliki baju adat tertua di dunia, yakni Baju Bodo;
  • Memiliki Badik, senjata khas Bugis-Makassar yang menjadi simbol Kota Makassar;
  • Memiliki banyak julukan seperti Kota Pelaut, Kota Seribu Benteng, Kota Angin Mamiri, hingga Kota Daeng;
  • Dijuluki sebagai kota macan asianya Indonesia, dan masih banyak yang lainnya.

Itulah dia fakta-fakta unik yang dimiliki Kota Makassar. Jadi, gimana, sudah tahu dengan fakta unik yang dimilikinya?

Post a Comment

0 Comments