Beli Printer Online atau Offline, Pilih yang Mana?

Membeli barang secara online bukan hal yang aneh, bahkan untuk barang elektronik sekali pun. Misalnya saja seperti printer, meskipun ini termasuk barang elektronik berukuran sedang, tapi transaksi jual beli via online sudah menjadi hal yang umum. Apalagi beberapa produsen, seperti Brother misalnya, memberikan lokasi jual printer Brother resmi yang menjamin keamanannya.
 
Meski demikian, beberapa orang masih ragu jika harus membeli printer secara online. Alasannya tentu saja beragam, misalnya karena takut printer jatuh dan rusak selama pengiriman jika dibeli secara online.
 
Lalu, sebaiknya Anda pilih yang mana, belanja printer online atau offline?
 

Beli Printer Online

Salah satu keunggulan utama membeli printer secara online adalah harga online umumnya lebih murah. Sebab, ada berbagai komponen biaya yang dipangkas dalam transaksi online, yang bisa memengaruhi harga produknya. Bukan hanya itu saja, Anda juga tak perlu mengeluarkan waktu, tenaga, dan biaya ekstra untuk pergi keluar rumah dan mendatangi toko secara langsung untuk membeli printer. Hal ini pun secara tak langsung juga sebenarnya memengaruhi harga printer sesungguhnya yang Anda bayarkan.
 
Di samping itu, ketika Anda membeli printer secara online, Anda juga bisa temukan berbagai review produk dari para pembeli, yang juga bisa membantu Anda membuat keputusan apakah ingin membeli printer tersebut atau tidak. Terlebih jika Anda membeli di marketplace atau website ecommerce resmi milik brand printer tersebut, di mana risiko manipulasi review-nya lebih kecil.
 
Meski demikian, membeli printer secara online berarti Anda juga perlu memastikan bahwa penjual mengemas printer dengan baik dan aman. Kalau tidak, tentu ada risiko printer rusak selama perjalanan pengiriman, kan? Dan karena alasan ini pula, Anda perlu pastikan terlebih dahulu garansi dan jaminan yang diberikan oleh pihak toko.
 

Beli Printer Offline

Jika Anda membeli printer secara offline, Anda bisa lihat dan cek langsung barangnya, serta bisa langsung membawanya pulang setelah Anda melakukan pembayaran. Dengan demikian, risiko kekhawatiran kalau-kalau printer mengalami sesuatu sepanjang pengiriman bisa dieliminasi. Di samping itu, Anda pun tak perlu menunggu berhari-hari sampai printer tiba di rumah – Anda hanya perlu datang ke toko, pilih printer yang diinginkan, bayar, bawa pulang, lalu pasang dan gunakan.
 
Hanya saja, membeli printer secara offline juga biasanya kurang menguntungkan dari segi biaya.
 
Sebab, harga printer offline memang cenderung lebih mahal, ditambah lagi Anda masih harus keluar biaya dan tenaga untuk datang ke toko.
 
Itulah perbandingan antara beli printer online dan offline. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pilih dengan cermat sesuai selera dan kebutuhan Anda, ya!

Post a Comment

0 Comments