4 Tips Berinteraksi dengan Driver saat Pandemi yang Efektif dan Aman

4-Tips-Berinteraksi-dengan-Driver-saat-Pandemi-yang-Efektif-dan-Aman

Sejak bulan Maret 2020, pemerintah telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga jarak (social distancing) tak terkecuali dalam hal transportasi. Hal ini dilakukan sebagai usaha memutus rantai penyebaran virus Corona yang kian tak terkendali. 
 
Meski begitu, hal ini tentu menyulitkan Anda yang terbiasa menggunakan jasa driver online untuk beraktivitas. Berikut ini tips berinteraksi dengan driver saat pandemi yang aman dan efektif.

1. Meletakkan Pesanan di Pagar Rumah

Jika biasanya Anda mengambil sendiri pesanan makanan atau paket dari driver online atau kurir, disarankan untuk tidak melakukannya lagi. Sebab, virus Corona bisa menular lewat sentuhan, kain bahkan plastik. 
 
Sebaiknya meminta driver atau kurir untuk meletakkan paket di depan pintu sehingga Anda bisa mengambilnya sendiri. Jika Anda sedang berada di kantor, informasikan kepada driver atau kurir untuk menitipkannya ke bagian satpam dan resepsionis.

2. Menggunakan Perlengkapan Keselamatan Milik Pribadi

Saat Anda menggunakan jasa driver ojek online, pastikan Anda menggunakan perlengkapan berkendara sendiri, seperti helm, masker dan sarung tangan berkendara. Kemudian berikan jarak antara penumpang dan pengemudi. 
 
Informasikan kepada driver untuk mengemudi dengan perlahan dan berhati-hati sehingga tidak rem mendadak yang menyebabkan penumpang dan pengemudi bersentuhan. 
 
Hal ini juga berlaku kepada Anda yang menggunakan jasa driver mobil online. Jangan lupa untuk membawa tisu basah, masker, dan hand sanitizer sebelum dan sesudah masuk mobil. Jangan lupa untuk menjaga jarak selama di dalam mobil dengan cara tidak duduk bersebelahan dengan driver melainkan duduk di kursi belakang

3. Pembayaran Non Tunai

Seperti yang diketahui, uang tunai bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penularan dan penyebaran virus Corona. Sehingga, sebaiknya dalam bertransaksi Anda disarankan untuk menggunakan pembayaran non tunai seperti dompet digital atau transfer m-banking. 
 
Namun jika Anda tidak memiliki alternatif pembayaran tersebut, Anda bisa menaruh uang di dalam amplop dan meletakkannya di jok mobil atau motor. 
 

4. Mencuci Tangan 

Tips berinteraksi dengan driver saat pandemi berikutnya ialah mencuci tangan usai berinteraksi dengan driver. Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun anti bakteri selama 20 hingga 40 detik. 
 
Lalu, keringkan tangan menggunakan tisu kering. Hal ini dilakukan langsung setelah berinteraksi dengan driver. Selain itu, jauhi menyentuh bagian muka seperti mata, hidung dan bibir. Jika perlu, usai berinteraksi dengan driver setelah perjalanan jauh disarankan untuk mengganti baju dan mandi agar kuman tidak menempel di badan maupun baju Anda.

Post a Comment

0 Comments