Beberapa Hal yang Dilakukan Setelah Muncul Gejala Virus Korona

Beberapa-Hal-yang-Dilakukan-Setelah-Muncul-Gejala-Virus-Korona

Virus korona mempunyai gejala yang mudah dikenali. Dimana virus ini mirip dengan gejala pada penyakit yang umum terjadi yaitu influenza dan juga penyakit batuk. Oleh karena itulah bagi Anda yang sudah mempunyai tanda yaitu mengalami demam, batuk, kesulitan bernafas, dan juga tubuh yang lemas dan lesu maka sebaiknya segera melakukan berbagai langkah hal yang harus dilakukan. Terutama apabila Anda juga dari daerah yang terpapar virus covid-19 dan juga pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif corona, sehingga bisa untuk melakukan berbagai hal atau langkah seperti berikut ini untuk penanganan yang bisa dilakukan:

1. Menghubungi nomor layanan Covid-19

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghubungi nomor layanan Covid-19. Apabila Anda sudah menunjukkan berbagai gejala yang dapat dialami oleh penderita pasien corona maka sebaiknya langsung menghubungi nomor layanan yang telah dipersiapkan. Nomor layanan tersebut juga bisa untuk langsung melaporkan pada daerah masing-masing sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana langkah selanjutnya yang dapat dilakukan. Anda tidak perlu untuk terlalu panik dan bisa langsung mendapatkan perawatan yang dibutuhkan apabila memang positif dan terjangkit corona.

2. Menggunakan masker

Apabila muncul tanda virus ini maka juga harus menggunakan masker dan ganti secara berkala. Anda harus menggunakan masker yang dapat untuk melindungi orang lain agar tidak tertular penyakit yang dialami. Terutama ketika akan keluar rumah maka perlu untuk menggunakan masker yang dapat menutupi hidung dan mulut. Lakukan juga etika batuk menutupi mulut dan hidung sehingga tidak menularkan penyakit ke orang lain dari percikan cairan yang keluar.

3. Social distancing

Anjuran selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dapat melakukan isolasi diri atau juga melakukan social distancing. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu dapat untuk tinggal di rumah dan juga perlu untuk menjaga jarak dengan orang lain. Anda juga perlu untuk tinggal di rumah dan tidak keluar dalam waktu tertentu agar tidak menularkan penyakit ke orang lain. Dengan melakukan social distancing juga akan sangat efektif sehingga akan dapat untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang sangat cepat persebarannya dan dapat menularkan ke orang lain dengan mudah.

4. Meminta bantuan untuk menyelesaikan urusan di luar rumah

Bagi Anda yang muncul tanda-tanda maka memang sebaiknya menghindari diri untuk keluar rumah. Hal tersebut efektif untuk orang lain tidak tertular dan kemudian juga tidak menularkan kepada orang lain lagi. Oleh karena itulah apabila mempunyai urusan di luar rumah yang harus dilakukan maka bisa untuk menyuruh atau meminta tolong kepada teman, keluarga, ataupun layanan jasa lainnya untuk dapat melakukan hal tersebut. Misalnya saja untuk sekarang ini memesan makanan, mengantarkan barang, dan hal lainnya dapat dilakukan dengan mudah secara online sehingga akan sangat membantu ketika melakukan social distancing.

5. Melakukan isolasi diri selama 14 hari

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika Anda mengalami gejala yang mirip virus korona adalah dapat untuk melakukan isolasi selama 14 hari. Dimana virus ini akan mengalami beberapa tahap yang dialami oleh pasiennya. Ketika hari ke 14 hingga ke 18 merupakan waktu dimana virus ini sudah hilang sehingga pasiennya sudah sembuh dari virus ini apabila dilakukan perawatan yang tepat. Sehingga penting untuk melakukan berbagai poin yang telah disebutkan seperti di atas selama 14 hari agar dapat membantu untuk mengurangi penyebaran virus.

Post a Comment

0 Comments