Cari Tahu Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Cari-Tahu-Perbedaan-Aki-Kering-dan-Aki-Basah
Foto dari Canva Photos Unlimited

Mengapa aki kering dan mengapa aki basah? Keduanya kenapa sepeda kan padahal sama-sama aki? Kita sendiri menjadi kebingungan memangnya apa perbedaan aki kering dan aki basah? 
Mengetahui Perbedaan Aki Kering dan Basah 

Bagi Anda yang peduli dengan kendaraan bermotor Anda. Mengetahui tentang perbedaan kedua aki ini adalah hal penting. Begini penjelasan lengkapnya! 

1. Tetap ada Air Aki 

Sebelum kita menyebut beberapa perbedaan substansialnya, ada sebuah hal yang penting dan perlu disampaikan yakni kedua aki kering dan basah sama-sama mengandung air aki. Itu yang masih sering dipertanyakan bahwa kering dan basah di sini bukan merupakan kandungan objektif dari si aki namun lebih ke perkara subjektif. 

Sama-sama menggunakan aki dan juga sama-sama memiliki elektroda di dalamnya sebagai penghasil listrik. Ya bisa dibilang sangat mirip namun pada prinsipnya sebenarnya berbeda. Terlepas dari bagaimana kinerja aki tersebut, itu dapat dibilang relatif. 

2. Aki basah Biasanya Lebih Awet 

Lebih awet di sini maksudnya bukan berarti dia jauh lebih tahan lama, melainkan lebih awet yang dimaksud adalah dia dapat digunakan kembali jika sudah dibersihkan. Aki basah dapat dilakukan pembersihan di dalamnya. Aki kering tidak bisa hal itulah yang membedakan secara substansial, mengapa harus ada dua tipe aki yakni kering dan basah. 

3. Air Aki Diisi oleh Pabrik Langsung 

Salah satu perbedaannya yaitu lubang pengisian. Di sini lubang pengisian berperan sebagai tempat kita mengisikan air aki namun pada aki kering, lubang itu tidak ada. Hilangnya lubang dari aki kering bukan berarti dia tidak memiliki air di dalamnya namun air tersebut diisikan langsung oleh pabrik tanpa kita perlu mengisinya kembali. 

Kalau kita mau bicara keawetan di iklim tropis seperti ini tentu aki basah jauh lebih awet. Aki kering diciptakan karena orang-orang di luar negeri jarang mengisi sebuah aki kembali untuk kesekian kalinya. Di Indonesia kita harus mengisi ulang aki kita apabila terjadi penguapan yang berlebihan, seperti yang kita tahu ini negara tropis. 

Cuaca panas juga suhu yang tinggi menjadi alasan mengapa apa air aki lebih cepat menguap. Pada aki kering tetap saja itu akan mengalami penguapan hanya saja yang tidak diperkenankan untuk mengisinya kembali seperti dia memang tidak memiliki lubang pengisian. 

4. Aki Kering untuk Sekali Pakai 

Aki kering memiliki sebuah tujuan yang berbeda dengan aki basah. Aki kering diciptakan untuk satu kali pakai saja, sedangkan yang satunya memang diciptakan untuk bisa didaur ulang kembali. Berdasarkan tradisi budaya kita yang memang pandai sekali memanfaatkan barang yang sudah rusak, maka aki basah lebih relevan bagi masyarakat Indonesia. 

Aki basah lebih sulit mengalami kerusakan karena kita bisa mengganti elektrodanya sendiri hingga membersihkannya sendiri. Hal tersebut kita tidak dapat lakukan pada aki kering. Walaupun tetap saja aki kering atau basah itu pilihan pribadi masing-masing dan juga tergantung di mana kita tinggal. 

Itulah beberapa perbedaan aki kering dan aki basah. Keduanya tentu punya tujuan dan juga kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tergantung kita mau pilih yang mana sesuai dengan kebutuhan kita mana yang lebih tepat untuk kita.

Post a Comment

0 Comments