Perbedaan Busi Asli dan Palsu yang Wajib Anda Ketahui

-Perbedaan-Busi-Asli-dan-Palsu-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Perbedaan busi asli dan palsu penting untuk diketahui agar Anda senantiasa berhati-hati dalam memilih komponen untuk kendaraan motor. Busi yang asli akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sedangkan busi palsu bisa berpotensi menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengenali perbedaan antara busi yang asli dengan yang palsu. 

Beberapa Perbedaan Busi Asli dan Palsu yang Harus Anda Kenali 

Busi merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berperan untuk proses pembakaran. Karena menjadi komponen yang penting, banyak oknum-oknum tertentu memalsukan busi sehingga jika tidak berhati-hati Anda akan tertipu dengan dengan busi palsu. Berikut beberapa perbedaan busi asli dan palsu yang penting Anda kenali. 

1. Plating Metal Shell 

Plating metal shell yang terdapat pada busi perlu Anda perhatikan agar bisa mengenali busi yang asli dan palsu. Pada busi asli, plating metal shell terbuat dari material baja yang tidak berkarat dan kuat. 

Sementara itu, pada busi palsu, plating metal shell seringkali ditemukan kasus mudah berkarat karena tidak menggunakan material baja murni. Bahkan sering didapati busi yang baru dibuka dari kardus sudah tampak titik yang berkarat. 

2. Tulisan pada Insulator 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk bisa membedakan busi asli dan busi palsu adalah tulisan yang terdapat pada insulator. Pada busi asli, tulisan tersebut tampak rapi, sedangkan pada busi palsu tulisan pada insulator hanya serupa tempelan yang tampak tidak rapi. 

3. Gasket pada Busi 

Perbedaan busi asli dan palsu selanjutnya terletak pada gasket busi. Gasket atau ring yang terdapat pada busi bisa Anda cermati untuk bisa menentukan mana yang asli dan yang palsu. Perbedaannya bisa dilihat pada permukaan gasket. 

Busi yang asli umumnya mempunyai gasket yang tidak mudah dilepas meskipun diputar mengikuti alur. Busi asli permukaannya lebih halus, sedangkan busi yang palsu tidak halus dan tidak rapi karena kadang terdapat bekas potongan. Gasket pada busi palsu juga mudah dilepas. 

4. Nomor Produksi Busi 

Nomor produksi yang terdapat pada busi juga harus Anda perhatikan untuk bisa membedakan busi asli atau palsu. Busi asli dilengkapi nomor produksi yang menunjukkan bahwa itu dibuat oleh pabrik asli. 

Sedangkan pada busi palsu biasanya tidak terdapat nomor produksi, karena sebagian besar merupakan buatan rumahan sehingga tidak mempunyai nomor produksi yang resmi. 

5. Konstruksi Elektroda 

Konstruksi elektroda juga bisa menjadi indikator pembeda antara busi asli dan yang palsu. Pada busi asli terdapat konstruksi elektroda yang rapi dan beraturan. Sebagai contoh, busi dari platinum yang asli memiliki bentuk trapesium dan iridium berbentuk runcing. 

6. Kode Busi 

Perbedaan busi asli dan palsu selanjutnya bisa diketahui dari kode businya. Jika busi asli memiliki tulisan tidak dicetak warna hitam yang tebal, serta fontnya rapi dan teratur. Sedangkan pada busi palsu kodenya dicetak dengan font yang cenderung tidak rapi dan warna kodenya lebih hitam. 

7. Keramik sebagai Isolator 

Busi pada umumnya dilengkapi dengan keramik yang mempunyai fungsi sebagai isolator. Keramik pada busi yang asli umumnya tidak berwarna cerah serta sedikit doft. Sementara itu pada busi palsu warna keramik tak terlalu cerah. 

Warna busi ini penting Anda perhatikan sebelum membeli busi baru, karena perbedaannya dengan busi palsu lumayan bisa dilihat secara kasat mata. 

8. Terminal Nut 

Terminal nut juga bisa menjadi pembeda antara busi asli dan palsu jika Anda perhatikan dengan saksama. Terminal adalah komponen yang bersinggungan dengan cop atau kepala busi. 

Pada busi asli, terminal nut ini tampak teratur dan rapi, sedangkan pada busi palsu cenderung tampak acak-acakan. Secara kasar pun jika Anda memperhatikan, perbedaan busi asli dan palsu tampak jelas dari terminal nut ini. 

9. Ulir atau Drat 

Ulir atau drat pada busi asli tampak lebih halus dan rapi, sedangkan pada busi palsu drat ii terlihat tidak beraturan dan kasar. 

Itulah 9 perbedaan busi asli dan palsu yang harus Anda cermati. Penggunaan busi palsu berpotensi membuat pembakaran pada mesin kurang optimal sehingga menyebabkan boros bahan bakar. Inilah pentingnya Anda mengetahui informasi tentang kendaraan dan komponennya. Artikel inii kami kutip dari harapanrakyat.com dan Anda bisa mendapat info lebih banyak seputar dunia otomotif dari portal berita tersebut. 

Post a Comment

0 Comments