Pengen Baterai Smartphone Jadi Panjang Umur, Ini Caranya


Sekarang smartphone tidak dipakai jadi alat komunikasi saja. Dari mulai sebatas menulis dokumen, nikmati content multimedia, bermain game serta pekerjaan yang lain memakai smartphone. Tentu saja hal itu membuat baterei smartphone Anda cepat habis hingga harus selekasnya diisi lagi. 

Anda harus selekasnya isi daya hp Anda bila habis. Ini butuh dilkakukan supaya baterei hp Anda berusia panjang. Tersebut panduan perpanjang umur baterei smartphone seperti dikutip Lifehack. 

1. Jangan charging baterei sampai keadaan full 

Umumnya hp yang tersebar di market memakai type jenis lithium-ion. Baterei type lithium-ion, pada intinya tak perlu terisi sampai penuh sampai dalam keadaan 100%. Sebab proses pengisian sampai penuh benar-benar melelahkan buat beberapa bahan kimia di baterei. 

2. Kerjakan pengisian daya dengan periodik serta seperlunya 

Bila tiap hari Anda kerja di ruang, karena itu langkah berikut akan baik untuk perpanjang usia dari baterei hp Anda. Buat Anda yang lakukan pekerjaan di luar ruang, Anda dapat isi baterei hp sampai 90% – 100% waktu ada di dalam rumah. Saat sedang melancong, Anda dapat memercayakan power bank untuk isi lagi baterei dalam keadaan 40% serta mengisinya sampai 80%. 

3. Hentikan proses charger saat baterei terisi full 

Saat baterei hp telah terisi sampai full, karena itu baterei akan mengisap daya dalam jumlahnya kecil supaya masih terbangun dalam keadaan 100%. Ini akan membuat baterei terus kerja keras hingga memunculkan seperti stress pada proses kimiawi di baterei. Karena itu, hentikan proses charger saat hp Anda telah terisi penuh. 

4. Menjaga suhu hp masih dingin 

Baterei hp benar-benar peka pada panas, khususnya yang muncul sebab proses pengisian. Bila Anda seringkali ada di luar ruang, lakukan menggunakan cover supaya baterei tidak terpanggang oleh panasnya temperatur luar ruang. Tetapi, bila Anda seringkali bermain game yang cukup berat, karena itu jangan pakai cover pelindung pada smartphone saat bermain game supaya panas dapat cepat menyebar. Penggunan cover di dalam bermain game malah membuat smartphone makin panas, sebab panas bergabung pada sebuah titik serta tidak menebar ke semua permukaan.

Post a Comment

0 Comments