5 Bagian Mobil yang Harus Sering Dibersihkan

5-Bagian-Mobil-yang-Harus-Sering-Dibersihkan

Selain komponen mesin, hal yang harus diperhatikan oleh pengguna mobil adalah kebersihan baik interior maupun eksterior. Jika kebersihan ini tidak diperhatikan, dapat menyebabkan timbulnya banyak kerusakan. Salah satunya adalah AC mobil tidak dingin

Ketika di-service, biasanya banyak kotoran yang menumpuk pada sela-sela komponen AC. Tentu Anda tidak ingin ‘kan mengeluarkan jutaan rupiah hanya karena kebersihan yang kurang terjaga? 

Bagian Mobil yang Harus Sering Dibersihkan 

Menjaga kebersihan mobil akan menjaga komponen mesin menjadi berfungsi secara optimal. Selain itu, penggunanya juga akan merasa nyaman dan terhindar dari dampak buruk seperti alergi atau gangguan pernafasan. Nah dari sekian banyak komponen mesin, ada beberapa yang sebenarnya sangat perlu untuk dijaga kebersihannya karena jika kotor akan mempengaruhi komponen mesin yang lain. Apa saja? Simak pembahasannya ya. 

1. Body Mobil 

Eksterior mobil adalah bagian yang biasanya akan mendapatkan perhatian paling sering dari penggunanya. Terutama pada saat musim penghujan. Body mobil ini akan cepat menjadi kotor. Debu juga menjadi komponen yang membuat mobil menjadi lebih kotor. 

Nah terkadang kotoran yang menempel pada body mobil sangat parah sehingga rasanya air saja tidak cukup untuk membersihkannya. Jika ini terjadi, gunakan wax setelah selesai mencuci mobil. Dengan begitu, bukan hanya membantu membersihkan kotoran namun juga memberikan perlindungan yang menjaga body mobil. 

2. Kaca Mobil 

Selain body, kaca juga harus sering dibersihkan karena sering terkontaminasi oleh kotoran khususnya debu. Terutama kaca depan, kaca tersebut berfungsi paling optimal sehingga dengan menjaganya tetap bersih akan membuat tidak adanya hambatan dalam pandangan. 

Pembersihan kaca harus dilakukan sesering mungkin untuk menghindari kerusakan. Apalagi jika Anda sering parkir mobil dibawah tumbuhan. Banyak kotoran yang akan jatuh menimpa kaca mobil. Selain itu, ketika musim penghujan, kaca mudah berjamur jika tidak segera dilap. 

3. Interior Mobil 


Bagian ini jarang dibersihkan padahal komponen utama yang harus selalu bersih adalah interior mobil. Banyaknya service AC mobil karena kerusakan komponennya sebenarnya paling banyak diakibatkan oleh interior mobil yang penuh dengan kotoran dan debu yang jarang dibersihkan. 

Untuk menjaga kebersihannya, minimal bersihkan dengan menyedot debu satu minggu sekali untuk memberikan udara yang lebih segar di dalamnya. Jangan lupa juga taruh pengharum dan penyegar udara di dalam mobil supaya lebih nyaman lagi saat berkendara. 

4. Kap Mesin Bagian Dalam 

Bagian ini perlu untuk Anda bersihkan supaya mesin tidak terganggu performanya. Cara membersihkannya hampir sama seperti ban. Bukalah bagian dan lap kotoran yang menempel. Jika bagian ini bersih, performa mesin tidak akan terganggu. Jadi jangan hanya berfokus pada eksterior mobil saja ya yang harus bersih. Komponen didalam tentu juga harus bersih. 

5. Jok Mobil 

Tempat berkembangnya tungau dan serangga adalah bagian jok mobil. Maka dari itu Anda harus membersihkan bagian ini dengan menyeluruh. Anda dapat membersihkan debu ataupun serangganya dengan menggunakan vacuum cleaner paling tidak satu minggu sekali. Ketika membersihkan pastikan lipatan dan sudut jok juga sudah dibersihkan. 

Hindari meletakan barang-barang yang berpotensi mengundang datangnya kutu dan serangga ya. Selalu letakkan barang-barang yang bersih, dan buanglah barang yang mudah membusuk. Menyimpan barang yang rawan busuk di jok tentu akan mengundang serangga dan menimbulkan bau tidak sedap. 

Demikian tips yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Hindarilah berbagai kerusakan mobil seperti AC mobil tidak dingin, kerusakan mesin, fisik mobil yang berubah dengan menjaga kebersihan baik eksterior dan interior. Jangan lupa juga untuk menonton video di bawah ini supaya lebih memahami seluk beluk AC mobil dan menghindari kerusakannya. 


Post a Comment

0 Comments