Rutin Minum Jus Tomat Dapat Mencegah Penyakit Jantung


Kebanyakan orang perlu memenuhi konsumsi mineral dan vitamin tiap hari untuk jaga badan masih sehat. Tomat salah satu buah yang kaya vitamin C, kalium, vitamin K, serta folat. Nah, ada berita yang mengatakan jika minum juice tomat tiap hari dapat menahan penyakit jantung. Tetapi, apa faedah juice tomat untuk kesehatan jantung ini telah dapat dibuktikan dengan ilmiah? 

Tomat terhitung satu diantara buah yang kaya nutrisi serta baik untuk jaga jantung masih sehat. Buah bundar berwarna orange kemerahan itu memiliki kandungan beberapa senyawa penting seperti karotenoid, vitamin A, kalsium, serta asam gamma-aminobutyric. 

Dalam riset yang diedarkan di Nutrition Journal disebut jika minum juice tomat tawar sepanjang 8 minggu dapat kurangi kandungan trigliserida. 

Trigliserida ialah type lemak yang dapat menyebabkan penyakit aterosklerosis bila kadarnya terlalu berlebih. Aterosklerosis ialah penyempitan pembuluh arteri karena penimbunan plak di dindingnya. Semakin lama, keadaan ini akan menghalangi saluran darah serta dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Selain itu, riset lain yang diedarkan di Food Science & Nutrition temukan juice tomat tawat bisa turunkan kandungan cholesterol jahat LDL dalam darah sekaligus juga melakukan perbaikan angka tekanan darah sistolik serta diastolik. Penemuan ini terlihat pada beberapa orang yang mempunyai prehipertensi serta hipertensi tidak terobati yang beresiko pada penyakit jantung. 

Penurunan kandungan cholesterol jahat LDL bisa turunkan efek aterosklerosis. Tetapi riset itu tidak temukan terdapatnya pergantian pada trigliserida serta cholesterol baik HDL, yang baik untuk memperhatikan kesehatan jantung. 

Pada dasarnya, belumlah ada bukti medis yang cukup untuk mengaitkan minum juice tomat tiap hari berguna pada mencegah penyakit jantung.

Post a Comment

0 Comments