Gigi Berlubang Biasa Menjadi Penyebab Utama Bau Mulut


Berbau mulut bisa muncul karena makanan yang dikonsumsi, kurang jaga kebersihan mulut serta gigi, sampai masalah kesehatan tersendiri. Pada sebagian orang, berbau mulut dapat juga dikarenakan oleh gigi berlubang sekalinya Anda tidak rasakan ngilu pada gigi. 

Seputar 80 % masalah berbau mulut bermula dari permasalahan pada mulut serta gigi. Oleh karenanya, jalan keluarnya butuh diawali dari kesehatan mulut serta gigi Anda. 

Tersebut beberapa panduan yang bisa Anda kerjakan untuk menahan berbau mulut karena lubang pada gigi: 

1. Jaga kebersihan mulut serta gigi 

Bila Anda jarang-jarang bersihkan mulut serta gigi, bakteri selalu berkembang biak serta membuat berbau mulut makin kronis. Anda bisa menghindarkan hal itu dengan mengaplikasikan beberapa langkah seperti berikut: 
  • Menggosok gigi paling tidak 2x satu hari, lalu diteruskan dengan memakai benang gigi. 
  • Menggosok gigi memakai sikat gigi elektrik atau berbuntut kecil untuk bersihkan sisi gigi yang susah dicapai. 
  • Berkumur memakai larutan kumur antiseptik sesudah menyikat gigi. 
  • Bersihkan permukaan lidah dari bakteri, kotoran, serta beberapa sel mati. 

2. Teratur memperiksakan-diri ke dokter gigi 

Kontrol teratur minimum 2 kali satu tahun penting untuk menahan berbau mulut sebab gigi berlubang. 

Waktu kunjungan, dokter gigi akan memakai alat serta tehnik spesial untuk bersihkan mulut dan gigi secara detail. 

Diluar itu, dokter gigi dapat menjumpai efek pembentukan lubang baru pada gigi serta permasalahan kesehatan lain, seperti penyakit gusi, infeksi, dan pembusukan pada gigi. 

3. Minum cukup air 

Minum air akan jaga mulut masih lembap sekaligus juga bersihkan mulut dari bakteri serta kotoran yang terselip. Dengan demikian, Anda bisa kurangi paparan bakteri atau zat asam yang mengurangi permukaan gigi. 

Anda dapat juga minum susu untuk meminimalisasi berbau mulut yang tidak enak. Jauhi minuman manis memiliki kandungan gula, soda, minuman berperisa, serta sejenisnya supaya tidak ada gula yang melekat pada sela gigi. 

Berbau mulut sebab gigi berlubang memang berasa demikian mengganggu. Bila tidak ditangani, keadaan ini bisa memunculkan masalah kesehatan yang lebih kronis seperti penyakit gusi atau infeksi. 

Meskipun begitu, Anda dapat mencegahnya dengan cara-cara yang termasuk simpel. Bila memang sebabnya ialah gigi berlubang, cepatlah ke dokter gigi untuk menambalnya. Kemudian, janganlah lupa menjaga kebersihan mulut serta gigi Anda dengan beberapa cara di atas.

Post a Comment

0 Comments