Alis Juga Dapat Berketombe, Berikut Cara Menanganinya


Bukan sekedar di kepala, ketombe dapat juga berlangsung di alis Anda. Tidak hanya membuat gatal, ketombe di alis dapat juga mengganggu tampilan Anda. Lalu, apa ada langkah efisien untuk menangani alis berketombe sekaligus juga mencegahnya hadir ? Cari info jawabannya berikut ini. 

Langkah menangani plus menahan alis berketombe 

Alis adalah ruang yang seringkali berketombe sesudah kulit kepala. Sebabnya juga sama, yakni perkembangan jamur malassezia di kulit kepala, produk perawatan kulit yang tidak pas, atau permasalahan kesehatan seperti dermatitis seboroik, psoriasis, atau eksim. 

Bila mempunyai ketombe di alis, Anda butuh pastikan apa sebabnya. Ini akan mempermudah Anda untuk menangani ketombe. Beberapa strategi untuk menangani serta menahan ketombe di alis, diantaranya: 

1. Konsultasi dokter untuk tahu sebabnya 

Tanda-tanda ketombe karena jamur berlainan dengan penyakit kulit. Permasalahan ini umumnya memunculkan tanda-tanda timbulnya serpihan kulit berwarna putih yang memunculkan rasa gatal. 

Sesaat, psoriasis mengakibatkan kulit gatal berkerak serta berwarna keperakan. Lain perihal dengan dermatitis seboroik. Penyakit ini mengakibatkan kulit kemerahan, abuh, serta berkerak. 

Untuk tahu pemicu ketombe di alis lebih pas, konsultasi ke dokter benar-benar disarankan. Masalahnya beberapa keadaan seperti psoriasis serta dermatitis seboroik memerlukan perawatan dokter agar tidak berubah kronis. Jangan sesekali memutuskan analisis sendiri. 

2. Pilih shampo yang sesuai dengan 

Waktu rambut berketombe, Anda akan direferensikan dokter untuk ganti shampo yang memiliki kandungan ketoconazole, selenium sulfide, zinc pyrithione, sodium sulfacetamide, salicylic acid, atau coal tar. 

Shampo ini kenyataannya dapat juga Anda pakai untuk alis yang berketombe. Namun, Anda harus benar-benar waspada memakainya. Shampo untuk rambut umumnya begitu keras untuk kulit di seputar alis. Jadi, Anda cuma memerlukan dikit saja untuk membersihkannya. 

Bila masih sangsi, Anda dapat cari pembersih yang diutamakan untuk alis, jenggot, serta kumis dengan kandungan yang sama. Ini lebih aman untuk diambil. 

Tidak hanya pilihan shampo, lihat langkah pakainya. Pakai seperlunya serta gosokkan pada alis dengan lembut. Pijatlah sepanjang 3-5 menit serta basuh sampai bersih. 

3. Rajin bersihkan muka 

Jamur Malassezia pemicu alis berketombe benar-benar suka pada ruang kulit yang berminyak serta lembap. Jadi, untuk menahan ketombe di alis, jangan dibiarkan muka Anda kotor serta berminyak sesudah sepanjang hari melakukan aktivitas, contohnya, sesudah usai olahraga. 

Langkah berikut dapat juga dipakai saat Anda telah telanjur berketombe di alis. Pakai pembersih muka yang pas untuk kulit Anda, basuh sampai bersih, serta keringkan dengan handuk lembut. 

4. Gunakan pelembap 

Bersihkan muka serta alis dengan pembersih, membuat kulit rawan kering. Bila dibiarkan, kulit yang kering dapat mengakibatkan timbulnya ketombe di alis, atau malah jadi parah yang sudah berketombe. 

Nah, untuk jaga kelembapannya, Anda dapat memakai minyak mendasar. Anda dapat pilih argan oil serta mengusapkannya pada alis. 

Diluar itu, cream dengan kandungan 1% hidrokortison dapat juga Anda berikan untuk menangani alis yang kemerahan serta meradang karena ketombe.

Post a Comment

0 Comments