Ciri-ciri Bayi yang Alergi Susu


Susu merupakan salah satu asupan gizi yang perlu diberikan setiap orang tua kepada anak-anaknya. Mulai dari Air Susu Ibu (ASI) sampai susu formula perlu diberikan oleh para orang tua untuk menjaga tumbuh kembangnya. Namun, pemberian susu juga tidak boleh sembarangan mengingat beberapa bayi mengalami alergi susu sapi sehingga tidak dapat menerima susu formula yang terbuat dari susu sapi. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi? Berikut ini beberapa ciri bayi yang alergi terhadap susu sapi dan perlu Anda perhatikan jika Anda memiliki bayi. 

Pencernaan tidak lancar 

Apabila pencernaan bayi Anda cenderung tidak lancar, maka bisa jadi hal tersebut menandakan bahwa bayi Anda alergi terhadap susu sapi. Hal ini disebabkan karena kandungan laktosa dalam susu formula tersebut tidak toleran terhadap tubuh bayi Anda. Tubuh sang bayi pun akhirnya bereaksi dengan sistem pencernaan yang terganggu. Mulai dari sembelit sampai BAB secara berlebihan menjadi pertanda bahwa bayi Anda alergi dan tidak toleran terhadap susu sapi. Jika bayi Anda mengalami hal tersebut setelah mengonsumsi susu formula yang terbuat dari susu sapi, maka sebaiknya hentikan konsumsi susu formula dan ganti dengan susu formula yang memperlancar BAB agar pencernaan bayi jadi lebih lancar. 

Kulit gatal atau ruam 

Selain pencernaan yang tidak lancar, ciri-ciri berikutnya yang menandakan bayi Anda alergi terhadap susu sapi adalah kulit yang mudah gatal atau ruam. Laktosa yang terdapat di susu formula yang terbuat dari susu sapi tidak hanya dapat membuat penernaan jadi tidak lancar melainkan juga dapat membuat kulit jadi lebih gatal dan ruam. Apabila bayi Anda mengalami gejala tersebut, maka segera hentikan konsumsi susu formula yang berasal dari susu sapi. 

Muntah 

Ciri terakhir yang menandakan bayi Anda alergi terhadap susu sapi adalah muntah. Muntah menjadi reaksi yang umum dan biasa terjadi ketika bayi tidak menyukai susu formula yang dikonsumsinya. Selain itu, muntah juga menjadi pertanda bahwa bayi Anda tidak toleran terhadap laktosa dan konsumsi susu formula dengan laktosa perlu segera dihentikan.

Post a Comment

0 Comments